Pengertian Parenting Menurut Para Ahli yang Wajib Bunda Ketahui!

Hi moms, masih sering mantengin media sosial yang nayangin tentang parenting ? Tapi mom tau ga sih apa itu parenting ? Sebelum moms belajar mengenai parenting lebih dalam, alangkah baiknya untuk memulai dari hal dasar yakni pengertian parenting menurut para ahli di dunia.

Moms harus tahu, sangat penting untuk bagi kita untuk memiliki pijakan yang benar terkait pengertian parenting menurut para ahli di bidang parenting. Hal ini bertujuan agar ilmu yang bisa kita serap tidak salah tafsir meski terucap dari tokoh parenting terkemuka sekaligus.

Pengertian Parenting Menurut Para Ahli




Pengertian Parenting Menurut Para Ahli

Moms, sebelum kita membahas pengertian parenting menurut para ahli, sebaiknya kita tahu dulu pengertian parenting menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut KBBI parenting atau pengasuhan adalah proses, cara, perbuatan mengasuh. Sedangkan menurut kamus Merriam - Webster parenting adalah membesarkan anak yang dilakukan oleh orang tua. 

Parenting atau yang bisa juga disebut pengasuhan atau bisa juga mom sebut pola asuh menurut Jane B Brooks (penulis buku "The Process of Parenting") pengasuhan sebagai sebuah proses yang merujuk pada serangkaian aksi dan interaksi yang dilakukan oleh orang tua guna mendukung perkembangan anak. Proses pengasuhan anak bukan hanya hanya antara orang tua dan anak, namun juga dipengaruhi oleh budaya, dan kelembagaan sosial dimana anak dibesarkan. 

Baca juga :

1. Cara Efektif Belajar Membaca untuk Anak Usia Dini

2. Jenis jenis Imunisasi Anak yang Harus Diberikan Sebelum Usia 1 Tahun

Sedangkan menurut Jerome Kagan (seorang psikolog di Havard University, Amerika Serikat) menjelaskan parenting adalah serangkaian keputusan tentang sosialisasi pada anak. Didalamnya harus ada serangkaian cara yang harus dilakukan orang tua ataupun pengasuh untuk memfasilitasi anak agar anak mampu bertanggung  jawab dan berkontribusi sebagai bagian dalam masyarakat. 

Pengertian parenting menurut para ahli selanjutnya adalah parenting menurut Masud Hoghughi (direktur Aycliffe Centre for Children, Proffesor fakultas Psychology, University of Hill, Amerika Serikat) menjelaskan parenting merupakan hubungan antara orang tua dan anak yang multidimensi yang dapat terus berkembang, yang mencakup beragam aktivitas dengan tujuan anak dapat berkembang secara optimal dan dapat bertahan hidup dengan baik. Oleh karena itu parenting dapat meliputi pengasuhan fisik, pengasuhan emosi dan pengasuhan emosional. 

Komponen dari kunci parenting menurut Masud Hoghughi yang harus mom ketahui :

1. Upaya memenuhi kebutuhan anak yang bertujuan untuk kesejahteraan fisik, sosial dan emosional untuk melindungi anak dan menghindarkan dari potensi kecelakaan dan kondisi bahaya atau pelecehan.

2. Memberikan aturan dan memastikan aturan tersebut ditegakkan.

3. Memberikan dukungan kepada anak untuk mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. 4. Prinsip parenting menurut Hoghughi ini menekankan pada aktivitas dari perkembangan dan pendidikan anak. 

5. David D. Burns M.D (Professor dari fakultas psikologi University of South Florida ) menyebutkan bahwa parenting merupakan sebuah proses interaksi yang berlangsung terus menerus dan memepngaruhi bukan hanya bagi anak namun juga bagi orang tua. 

Nah moms dari berbagai pengertian parenting menurut para ahli yang kita bahas di atas, ijinkan saya membuat satu kesimpulan yang dapat memudahkan moms dan kita semua memahami pengertian parenting. Parenting adalah segala tindakan yang diberikan orang tua kepada anak dengan tujuan melindungi, merawat, mengajari mendisiplinkan dan memberi panduan. Tujuan dari tindakan - tindakan dalam parenting adalah agar anak mampu bertanggung jawab, mandiri dan berkontribusi sebagai bagian dalam masyarakat. Baca juga berbagai informasi parenting, pendidikan, ibu dan anak lainnya di anifisnatunnikmah.blogspot.com

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Parenting Menurut Para Ahli yang Wajib Bunda Ketahui!"